Rabu, 01 Juni 2011

Inilah Makna Tersembunyi di Balik Logo Google Hari Ini



CALIFORNIA (Berita SuaraMedia) - Sudahkah Anda mengakses Google hari ini?

Heran logo Google berubah menjadi sekawanan burung hinggap di ranting-rating? Simak berikut.

Google Doodle merayakan ulang tahun dari John James Audubon, seorang ilmuwan dan pelukis, yang memfokuskan penelitiannya pada burung.

John James Audubon adalah seorang peneliti sekaligus pelukis yang banyak mendedikasikan dirinya untuk mempelajari burung di wilayah Amerika Serikat (AS). Audubon lahir dan besar di Perancis, sebelumnya akhirnya pindah menetap di AS.

Audubon lahir pada 26 April 226 tahun lalu. Tak seperti logo Google sebelumnya yang interaktif, kali ini Google membuat logonya tetap sederhana. Huruf pembentuk Google bisa dikenali dengan mudah pada ranting yang ada.

Aububon merupakan orang yang mengembangkan apresiasi mendalam untuk alam sejak awal ia masih anak-anak hingga berpindah ke Amerika dari Prancis pada usia 18 untuk menghindari bergabung dengan tentara Napoleon.

Ia berusaha menunjukkan jati dirinya dengan melukis burung. “Saya merasa dekat dengan burung,” katanya.

Dari pengamatan Minggu (22/5/2011), Google Doodle menampilkan gambar burung di tampilan muka mesin pencarinya.

Pengaruh Audubon dalam dunia ornithology (ilmu yang khusus mempelajari tentang burung) sangat kuat. Hampir semua penelitian tentang burung dipengaruhi olehnya. Charles Darwin menulis nama Audubon tiga kali dalam buku 'On the Origin of Species'.

Pada Desember 2010, salinan lukisan Audubon berjudul ‘Burung Amerika’ terjual di dengan harga 7,3 juta GBP (Rp1,04 triliun) dalam lelang Sotheby. Harga itu menjadi rekor harga termahal untuk buku cetak tunggal.

Meskipun Audubon adalah seorang peneliti burung, namun metode pelukisan cukup mengerikan. Pertama ia memburu/menembak burung tersebut, lalu memajangnya dengan posisi alami, baru kemudian melukisnya.

Google Doodle dibuat oleh Google untuk memperingati kejadian-kejadian istimewa, seperti ulang tahun tokoh-tokoh ternama dan hari-hari besar dunia.

Google Doodle pertama kali dibuat pada tahun 1998 dan mendapat hak patennya pada tahun 2010. (ar/ok/inl) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar