Sabtu, 21 Mei 2011

Gelar Dari FBI Lejitkan "Legenda Perampok Uzur"



WASHINGTON (Berita SuaraMedia) – Saat peristiwa perampokan pertama terjadi, hal itu tidak banyak disorot, sama seperti kejahatan sehari-hari yang terjadi di sebuah kota besar.

Tapi, kemudian menyusul perampokan kedua dan ketiga. Diketahui pula bahwa sang penjahat sama sekali jauh dari bayangan sosok penjahat yang ada selama ini.

Sang perampok selalu membawa tabung oksigen kecil di punggungnya, tabung itu terhubung dengan selang plastik yang bisa dimasukkan ke lubang hidung. Para teller bank yang ketakutan mendeskripsikan usia sang perampok antara 60 hingga 70 tahun.

Masalahnya, FBI justru memberikan nama julukan yang menarik dan gampang diingat kepada sang perampok, Geezer Bandit (Bandit Tua). Setelah nama panggilan itu disematkan FBI, lahirlah sosok penjahat di media.

Sekarang, nyaris satu tahun setelah kasus pertama, Bandit Tua diduga berada di balik perampokan berantai 11 bank, 10 di San Diego County, satu lagi di Riverside County.

Di zaman teknologi canggih seperti sekarang, sudah umum membuat halaman Facebook, dan ada beberapa orang yang membuat halaman Facebook khusus untuk Bandit Tua. Bahkan ada seorang pengusaha yang siap membuat kaus bertema Bandit Tua, tak hanya kaus, namun juga ada sejumlah perlengkapan lainnya. Sebagian besar komentar yang ditulis di halaman Facebook itu justru berbunyi "Ayo, Geezer" dan semacamnya.

Yang merasa tidak senang tentunya si pemberi julukan, yaitu FBI. Menodongkan senjata ke orang-orang dan meminta uang bukanlah sesuatu yang lucu, kata FBI.

FBI, kepolisian San Diego, dan berbagai departemen sheriff di Riverside dan San Diego meminta bantuan untuk menangkap sang penjahat. Bank-bank yang jadi korban perampokan bahkan menawarkan imbalan $16.000.

Tapi, tetap saja sang Bandit Tua lolos, banyak teori yang mengisahkan mengenai identitas dan motif sang penjahat.

Benarkah dia hanya orang tua biasa atau apakah dia seseorang yang mengenakan topeng dan sarung tangan, apakah dia kakek seseorang yang jaminan sosialnya kurang? Apakah dia menyerang institusi keuangan karena kesal dengan resesi global atay dia hanya penjahat kontemporer? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu muncul dari masyarakat.

Jon Gould, direktur Centre for Justice, Law and Society di George Mason University, sudah pernah memperkirakan perampok bank itu akan mendapat semacam pemujaan. Cerita rakyat yang beredar di AS banyak diwarnai legenda dan kisah, asli atau palsu, mengenai sosok pencuri, sebut saja Bonnie dan Clyde, Dillinger, Pretty Boy Floyd, D.B. Cooper dan masih banyak lagi.

Gould mengkritik FBI yang telah memberikan nama julukan yang mudah diingat untuk sang perampok bank (menurut FBI, nama julukan tersebut menarik perhatian publik dan oleh karena itu bisa mendatangkan informasi dan berujung pada penangkapan).

Menurut Gould, luasnya pemberitaan media dan kegandrungan Hollywood akan kisah para perampok bank membuat nama Bandit Tua mendapat banyak pengagum.

"Dia tampak seperti seorang kakek renta yang tidak mungkin menyakiti siapa pun," kata Gould setelah meneliti sejumlah foto Bandit Tua. "Bagi media, dia adalah sosok yang hangat dan lembut, dan dia bergerak dengan cepat menjadi pujaan."

Kenyataannya, tentu sang perampok sama sekali jauh dari sosok lembut dan hangat.

"Kita harus tetap mengingat bahwa pria ini bersenjata dan berbahaya," kata agen khusus FBI, Darrell Foxworth, juru bicara untuk kantor FBI di San Diego.

"Para teller menjadi korban dan mengalami trauma," tambahnya.

Modus Bandit Tua itu sebenarnya sederhana saja, masuk ke sebuah bank, menodongkan pistol, meminta uang dari kasir bank, menampung uangnya dan melenggang keluar dari bank.

Perampok itu mengenakan sebuah topi dan menderita gangguan bahu, posturnya juga sedikit bungkuk, bisa jadi memang karena usia lanjut atau seseorang yang berpura-pura tua.

Dari deskripsi yang didapat, sosok Bandit Tua disebut memiliki tinggi 180 sentimeter. Terkadang pakaiannya tak rapi, terkadang rapi seperti baru.

San Diego biasanya dikenal ketat mengenai kejahatan dan hukuman, tapi terkadang San Diego juga jatuh hati pada sosok perampok.

B.O Bandit diberi julukan demikian karena aromanya, Beer Belly Bandit (beer belly= perut gendut karena suka minum bir) diberi julukan demikian karena bobot tubuhnya, tapi, Grandpa Bandit (penjahat kakek-kakek) yang memang jarang ada, mendapat perhatian yang sama dengan Geezer Bandit.

FBI dan bank tidak bersedia mengungkap ada berapa banyak uang yang sudah digondol Bandit Tua. (dn/sh) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar